DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Kinerja Waktu dan Biaya Proyek Menggunakan Metode Earned Value Management Pada Proyek Penataan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pasar Binuang
PENGARANG:M FARHAN WIRAYUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


 

ABSTRAK

Metode Earned Value Management atau metode nilai hasil merupakan salah satu metode pengendalian biaya dan waktu yang menggunakan 3 indikator / parameter yaitu (BCWS) Budgated Cost of Work Scheduled, (BCWP) Budgated Cost of Work Performed, dan (ACWP) Actual Cost of Work Performed untuk menganalisis pencapaian kinerja dan membuat estimasi pencapaian target. Apabila hasilnya menunjukkan penyimpangan, dilakukanlah pengendalian agar sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Proyek yang dilakukan pada penelitian ini yaitu proyek Penataan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pasar Binuang, Kabupaten Tapin. Dengan menggunakan data yang tersedia yaitu data umum proyek, nilai kontrak, time schedule, dan laporan mingguan. Penelitian ini menggunakan metode Earned Value Management yang menganalisis proyek berdasarkan kinerja waktu dan biaya.

Hasil analisis yang telah didapatkan terhadap kinera biaya dari awal proyek minggu ke- 1 sampai minggu ke-32 akhir proyek tidak terjadi pembengkakan pada biaya. Pada kinerja waktu pada minggu ke-1 sampai minggu ke-26 tidak terjadi keterlambatan namun pada minggu ke-27 sampai minggu ke-31 terjadi keterlambatan pada proyek dan pada minggu ke-32 proyek selesai.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Earned Value Management, Biaya, Waktu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI