DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN BUNIPAH 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ULI NAJWA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


ABSTRAK

Najwa, Uli (2024).Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan

Ipas Materi  Indonesiaku Kaya Budaya Kombinasi Model Problem

Based Learning (PBL) Numbered Head Together (NHT) Dan Picture and Picture Kelas IV SDN Bunipah 1 Kabupaten Banjar.

Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd

 

Kata Kunci: PBL, NHT, Picture and Picture, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

 

     Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran, tidak menggunakan model dan media pembelajaran bervariasi, serta pembelajaran monoton. Upaya mengatasinya dengan menggunakan model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Picture and Picture. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar.

     Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Bunipah 1 yang berjumlah 16 orang, pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 25 dengan kriteria baik menjadi 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari 42% dari kriteria cukup aktif menjadi 100% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal 6% dengan kriteria kurang terampil menjadi 100% dengan kriteria Sangat terampil. Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 44% menjadi 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Picture and Picturedapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritisserta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, motivasi, berpikir kritis dan bekerja sama yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI