DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TWO STAY TWO STRAY, DAN SNOWBALL THROWING PADA MUATAN PKN KELAS 4 SDN SUNGAI MIAI 2
PENGARANG:ALYA RAHMIE AZKIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Alya, Azkiya. 2024. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning, Two stay Two stray, dan Snowball Throwing Pada muatan PKN kelas IV SDN Sungai Miai 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Two stay Two stray, dan Snowball Throwing.

Masalah yang terjadi pada kelas VI SDN Sungai Miai 2 adalah kurang maksimalnya aktivitas siswa, belum maksimal berkembangnya keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dalam proses pembelajaran PKN. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning, Two stay Two stray, dan Snowball Throwing.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 2 Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 33 orang siswa. Data yang diambil berupa data kualitatif yang diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis, serta data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan Cross Tabulasi yang digambarkan secara deskriptif dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4, pada pertemuan 1 dengan skor 31 berada pada kriteria baik, hingga pada pertemuan 4 mendapat skor 40 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 hingga pertemuaan 4 secara klasikal mengalami peningkatan dari 15,15% dengan kriteria kurang aktif menjadi 100% dengan kriteria sangat aktif. Observasi kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4 dengan persentase awal 0,00% berada pada kriteria kurang kritis menjadi 100% dengan kriteria sangat kritis. Hasil belajar ranah kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 hingga 4 mengalami peningkatan dari 18,18% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Two stay Two stray, dan Snowball Throwing aktivitas guru dapat berjalan dengan baik, sehingga aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa serta dapat dijadikan referensi dalam penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI