DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penerapan Disiplin Positif Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Banjarmasin
PENGARANG:CHARISMA SALSABILA DARMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


PendidikanN di Indonesia sudah semakin berkembang, bagi tiap sekolah para pendidik selalu melakukan evaluasi untuk bisa mengembangkan program baru bagi kemajuan sekolah terutama untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Hal ini berhubungan dengan program penerapan disiplin positifbertumpu untuk membangun pemikiran dan perilaku positif peserta didik. Penerapan disiplin positifini akan lebih membantu dalam motivasi intrinsik pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberasa besar pengaruh penerapan disiplin positif terhadap motivasi intrinsik siswa kelas vii SMP Negeri 30 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitaif dan jenis penelitian pengaruh. Data kuantitif dilakukan dengan menyebar dua angket yakni angket penerapan disiplin positif dan angket motivasi intrinsik kepada 191 siswa kelas VII SMP Negeri 30 Banjarmasin dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yakni menggunakan statistic deskriptif dan regresi linear sederhana. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat signifikansi 0,000 < 0,05. Maka (Ha) diterima, bahwa terdapat pengaruh antara penerapan disiplin positif terhadap motivasi intrinsik siswa kelas VII SMP Negeri 30 Banjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh antara penerapan disiplin positif terhadap motivasi intrinsik. Hasil koefisien determinasi R square sebesar 0,415 bahwa Pengaruh Penerapan Disiplin Positif Terhadap Motivasi Intrinsik sebesar 41,5% artinya terdapat pengaruh yang sedang terhadap motivasi intrinsik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI