DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PRIMA DI SDN SUNGAI MIAI 10
PENGARANG:MUHAMMAD DENY KURNIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


ABSTRAK 

Kurniawan, M. D. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Model Prima di SDN Sungai Miai 10. Skrispsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph.D. 

Kata Kunci : Prima, Make a Match, Example Non Example, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa, IPA

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penyebabnya karena pembelajaran hanya bersifat satu arah, belum memuat aktivitas berpikir kritis dan kurang bermakna. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Prima dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas VB SDN Sungai Miai 10 yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase indikator. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 telah terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari persentase 68% menjadi 94% dan memperoleh kriteria hampir seluruhnya aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 68% menjadi 92% dan memperoleh kriteria hampir seluruhnya terampil. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 64% menjadi 100%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Prima dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan hasil  penggunaan model Prima tersebut dapat dijadikan salah satu referensi dalam meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI