DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION, DAN MAKE A MATCH KELAS V SDN KEBUN BUNGA 6 BANJARMASIN
PENGARANG:TARISYA HERDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Herdayanti, Tarisya. 2024. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning, Group Investigation, dan Make a Match Siswa Kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Group Investigation, Make a Match

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam muatan IPA. Hal tersebut disebabkan oleh siswa cepat merasa bosan karena model pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif, siswa belum berani, takut salah dan malu mengungkapkan pendapatnya, siswa kurang memahami konsep materi ajar. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model Problem Based Learning, Group Investigation dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok maupun individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis dengan tabel.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 47% hingga 100% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 47% hingga 95% dengan kriteria sangat terampil. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa aspek kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 52% hingga 95%, aspek afektif pertemuan 1 sampai 4 dari 47% hingga 84%, dan aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai 4 dari 58% hingga 89%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Group Investigation dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model Problem Based Learning, Group Investigation dan Make a Match dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI