DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling Bidang Karier Berbasis Nilai Wasaka Suku Banjar (Studi pada SMA Negeri 7 di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:Muhammad Hifni Akbari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-06


ABSTRAK

Akbari, Muhammad Hifni. 2018. Pengembangan Modul Layanan Bimbingan dan Konseling Bidang Karier Berbasis Nilai Wasaka Suku Banjar(Studi pada SMA Negeri 7 di Kota Banjarmasin).

Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd  (II) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci : Modul, Layanan Bimbingan dan Konseling, Nilai Wasaka

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul layanan bimbingan dan konseling yang bermanfaat untuk dijadikan panduan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang karierbagi guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri Kota Banjarmasin, sehingga layanan menjadi terarah dan mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-methoddan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Karena keterbatasan peneliti, maka sampeldari penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA-4 di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai wasaka suku banjar ini diuji coba pada kelas X MIPA-4 yang berjumlah 36 peserta didik.

Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai wasaka suku Banjar di SMAN 7 kota Banjarmasin mendapatkan hasil post test dengan uji-t berpasangan (paired sample-t test) yang meningkat untuk kedua aspek kompetensi bimbingan dan konseling bidang karier. Pada pre test aspek kompetensi wawasan dan kesiapan karier peserta didik kelas X MIPA-4 mendapatkan nilai (mean) 36.25, kemudian pada post test nilai (mean) peserta didik meningkat menjadi 44.67. Sedangkan pada pre test aspek kompetensi perilaku kewirausahaan peserta didik mendapatkan nilai (mean) 35.08, kemudian pada post test nilai (mean) peserta didik meningkat menjadi 43.58.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI