DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK ANAK SLOW LEARNER
PENGARANG:SRI FAHTONAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-28


Kata Kunci : Mengenal Huruf Vokal, Puzzle Huruf, Slow Learner

 

            Permasalahn pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca yang disebabkan karena belum mengenal huruf vokal pada empat anak slow learner. Sehingga membutuhkan sebuah media pembelajaran seperti puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal, keempat anak slow learner.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan mengenal (menyebutkan, menunjukkan dan membedakan) huruf vokal pada anak slow learner.

             Pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain time series design, yaitu pre-test sebanyak empat kali, pemberian treatment dan post-test sebanyak empat kali. Pada penelitian ini ditemukan subjek berjumlah empat anak slow learner. Pengumpulan data melalu tes, observasi dan dokumentasi. Serta dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank (α) 0,05 Ztable 1, 64.

Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan akhir (post-test), yang lebih tinggi dibandingkan dengan tes sebelum diberikan tratment (pre-test). Perolehan nilai pre-test O1=36,25, O2=36,25, O3=37,5, O4= 37,5. Nilai post-test O5=72,5, O6=73,12, O7=82,5, O8= 88,12.  Dapat dilihat dari hasil perolehan nilai rata-rata post-test yang meningkat dari perolehan pre-test dan hasil perhitungan statistik menggunakan uji wilcoxon Ztabel, yang mana Z hitung (1,83) > Z tabel (1,64), H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pengguaan media puzzle huruf terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal anak slow learner hal ini menunjukkan hasil yang posiitf bahwa penggunaan media puzzle huruf berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal anak slow learner.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI