DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUICK REPONSE INDONESIAN CODE STANDARD (QRIS) PADA TRANSAKSI PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN SEKUMPUL
PENGARANG:INTANIA NUN HAFIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-28


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan UMKM di Kelurahan Sekumpul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas, penjualan, financial technology. Data dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui efektifitas penggunaan QRIS pada 8 informan pemilik usaha dengan jenis yang berbeda yaitu Pempek Windy, Dapoer D’hana, Barba Kebab, Es Teh Solo, Eboni Pentol Kuah Berkah, Home Bakery Oma Biru, Ricebowl Hanania, dan Martabak Terang Bulan Berkah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa QRIS menjadi sistem pembayaran yang efektif untuk digunakan dan mempercepat pelayanan serta mempermudah pembayaran penjualan lebih cepat dan optimal. Temuan ini memberikan gambaran bahwa dengan pemanfaatan teknologi yang baik dapat mempermudah dalam aktivitas.

Kata kunci: Efektivitas; penjualan; QRIS; UMKM

This study aims to determine and describe the effectiveness of QRIS use in MSME sales transactions in Sekumpul Village. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach collected through interviews, observation, and documentation. The variables in this study are effectiveness, sales, financial technology. The data were analyzed descriptively with data reduction, data presentation, and conclusion drawing to determine the effectiveness of using QRIS on 8 business owner informants with different types, namely Pempek Windy, Dapoer D'hana, Barba Kebab, Solo Ice Tea, Eboni Pentol Kuah Berkah, Home Bakery Oma Biru, Ricebowl Hanania, and Martabak Terang Bulan Berkah. The results of this study indicate that QRIS is an effective payment system to use and accelerate services and facilitate faster and more optimal sales payments. This finding illustrates that good technology utilization can facilitate activities.

Keywords: Effectiveness; sales; QRIS; UMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI