DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Kajian Struktural dan Nilai Edukatif "Legenda Harimau dan Sumur Tua" karya Yus R. Ismail | |
PENGARANG | : | HALIJA BELA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-08-29 |
Sastra mencerminkan realitas dan imajinasi manusia, serta
menyampaikan pesan moral yang universal. Membaca karya sastra seperti
cerita pendek tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga pemahaman tentang
teknik penulisan dan nilai moral. Analisis unsur intrinsik dan nilai edukatif
membantu memahami struktur dan makna karya sastra, yang penting dalam
pendidikan untuk mengembangkan keterampilan analitis dan kritis. Penelitian
"Kajian Struktural dan Nilai Edukatif Legenda Harimau dan Sumur Tua"
karya Yus R. Ismail menunjukkan bagaimana elemen cerita dan pesan
moralnya dapat digunakan sebagai bahan ajar efektif untuk siswa SMP dan
SMA, membantu mereka mengembangkan pemahaman, empati, dan
penalaran kritis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian
ini berupa cerita Legenda Harimau dan Sumur Tua sebanyak 11 halaman yang
terdapatdalam antalogi cerita pendek Dongeng Putri Bulan karya Yus R. Ismail.
Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Instrumen
dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur intrinsik
dalam "Legenda Harimau dan Sumur Tua" saling terkait dan membentuk
jalinan cerita yang utuh. Tokoh-tokoh dalam cerita ini, baik manusia maupun
binatang, tidak hanya berfungsi sebagai penggerak alur, tetapi juga
mengandung nilai-nilai edukatif yang kuat. Terdapat delapan nilai edukatif,
antara lain nilai religius, nilai kedamaian, nilai kerendahan hati, nilai tanggung
jawab, nilai kerjasama, nilai peduli lingkungan, nilai cinta damai, dan nilai
kejujuran.
Penelitian ini menekankan bahwa "Legenda Harimau dan Sumur Tua"
tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai media
pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan sastra di sekolah. Kajian
struktural dan nilai edukatif yang diidentifikasi dalam cerita ini
menjadikannya bahan ajar relevan untuk digunakan dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Dengan memanfaatkan cerita ini, guru dapat membantu
siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang unsur-unsur
intrinsik karya sastra sekaligus mengajarkan nilai-nilai moral yang penting
dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan pembelajaran lebih bermakna.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI