DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh Kepuasan Karier dan Kepuasan Gaji Terhadap Turnover Intention dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi
PENGARANG:Rifka Hardayanti Adismana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-29


ABSTRAK

 

Rifka Hardayanti Adismana (2018), Pengaruh Kepuasan Karier dan Kepuasan Gaji terhadap Turnover Intention dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel Mediasi Studi pada Karyawan PT. Ciputra Graha Mitra Regional Kalimantan Selatan. Zakhyadi Ariffin (Pembimbing I), Maya Sari Dewi (Pembimbing II).

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan karier terhadap turnover intention dan pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention pada karyawan PT. Ciputra Graha Mitra Regional Kalimantan Selatan. Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh kepuasan karier terhadap turnover intention dengan dimediasi oleh komitmen organisasi, dan pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention dengan dimediasi oleh komitmen organisasi.

            Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh pada karyawan PT. Ciputra Graha Mitra Regional Kalimantan Selatan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 67 orang karyawan dengan unit analisis adalah individual karyawan PT. Ciputra Graha Mitra Regional Kalimantan Selatan. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah PLS (Partial Least Square).

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepuasan karier berpengaruh dan signifikan terhadap turnover intention secara langsung maupun dengan dimediasi oleh komitmen organisasi, kepuasan karier berpengaruh dan signifikan terhadap komitmen organisasi, tidak ada pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention secara langsung maupun dimediasi oleh komitmen organisasi, tidak ada pengaruh kepuasan gaji terhadap komitmen organisasi, dan komitmen organisasi berpengaruh dan signifikan terhadap turnover intention.

 

Kata kunci : kepuasan karier, kepuasan gaji, turnover intention, komitmen organisasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI