DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI MEDIA ULTRABET KETAN (ULAR TANGGA ALPHABET KESEIMBANGAN DAN KEKUATAN) PADA ANAK KELOMPOK B TK HARAPAN BERSAMA KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HALIMATUS SYADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-29


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya perkembangan motorik kasar yang diberikan kepada anak terutama dalam gerakan keseimbangan serta pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang masih bersifat monoton, yang dimana anak belajar. Solusinya dengan menggunakan Model Direct Instruction Melalui Media Ultrabet Ketan (Ular Tangga Alphabet Keseimbangan dan Kekuatan).Tujuanpenelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam meningkat keseimbangan motorik kasar anak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan sebanyak 2 siklus. Setting adalah kelompok B TK Harapan Bersama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 anak.Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data yaitu deskriftif kualitatif dari hasil lembar observasi. Indikator keberhasilan untuk aktivitas guru apabila mencapai skor 27-32 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak apabila secara klasikal “Sangat Aktif” mencapai ≥ 82%, hasil perkembangan anak apabila secara klasikal berhasil minimal “Berkembang Sangat Baik” mencapai  ≥ 82%.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada Pertemuan 1 dengan skor 22 kriteria Baik pada Pertemuan 2 dengan skor 24 kriteria Baik pada Pertemuan 3 dengan skor 26 kriteria Baik pada Pertemuan 4 dengan skor 30 kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak Pertemuan 1 dengan persentase 25% kriteria Kurang Aktif pada Pertemuan 2 dengan persentase 41,7% kriteria Cukup Aktif Pertemuan 3 dengan persentase 66,7% kriteria Aktif Pertemuan 4 dengan persentase 100% kriteria Sangat Aktif. Hasil perkembangan Kemampuan Anak Pertemuan 1 dengan persentase 25% kriteria BB pada Pertemuan 2 dengan persentase 41,7% kriteria MB Pertemuan 3 dengan persentase 75% kriteria BSH Pertemuan 4 dengan persentase 100% kriteria BSB.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Direct Intruction Melalui Media Ultrabet Ketan (Ular Tangga Alphabet Keseimbangan Dan Kekuatan) dapat meningkatkan aktivitas guru,aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan anak. Disarankan penggunaan model dan media tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak, dan meningkatkan hasil perkembangan keseimbangan motorik kasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI