DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Terhadap Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) pada Perempuan di Kota Banjarmasin
PENGARANG:RISQA AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-30


Risqa Aulia Rahmah. NIM 2120421320033. 2024. Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Terhadap Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) pada Perempuan di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Bapak Drs. H. Setia Budhi, M.Si, Ph.D.

 

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dianggap sebagai permasalahan sosial yang terlampau kompleks dan memerlukan perhatian khusus dari berbagai pihak terkait, mengingat seberapa krusial efek yang dialami oleh korban KDRT baik secara fisik maupun psikis. UPTD PPA Kota Banjarmasin selaku pelaksana yang bertanggung jawab dalam menangani kasus KDRT dan memberikan layanan pendampingan terhadap korban juga menghadapi faktor penghalang tersendiri yang menyebabkan ketidakmaksimalan pelayanan mereka terhadap korban KDRT. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan memahami Pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) dalam Penanganan Terhadap Perempuan Korban Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Banjarmasin serta kendala yang dihadapi Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) dalam pelayanan terhadap Korban Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, menampilkan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (pembuktian secara nyata), reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan kepastian) dan empathy (empati). Kendala yang ditemukan dari penelitian ini berkaitan dengan SDM, sarana-prasarana dan kerjasama dengan klien. Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan UPTD PPA terhadap tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada perempuan di Kota Banjarmasin sudah cukup baik. Sedangkan, kendala pada pelayanan di UPTD PPA berkaitan dengan kurangnya jumlah SDM, sarana-prasarana yang belum cukup memadai, dan rendahnya kerjasama dengan klien.

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, UPTD PPA Kota Banjarmasin, KDRT.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI