DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH JUMLAH OBYEK WISATA, HOTEL, DAN KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2019 - 2023
PENGARANG:M.FAJAR RAMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-30


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Hotel dan Kunjungan Wisatawan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan adalah data sekunder, yakni data 13 kabupaten dan kota dari tahun 2019 hingga 2023 yang berasal dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan dan Dinas Pariwisata (DISPAR) Provinsi Kalsel dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalsel.Analisis menggunakan regresi data panel dengan data time series selama 5 tahun dan data cross section 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Jumlah Obyek Wisata, Hotel dan Kunjungan Wisatawan berpengaruh signifikan terhadap terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2023 yang dapat dilihat melalui nilai probabilitas f-statistic sebesar 0,000000 < ???? 0,05. Secara parsial, didapatkan hasil bahwa variabel Jumlah Hotel, dan variabel Kunjungan Wisatawan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2023. Sedangkan variabel Jumlah Objek wisata berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2023.

 

Kata Kunci: Jumlah Obyek Wisata; Jumlah Hotel; Jumlah Kunjungan Wisatawan; Pendapatan Asli Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI