DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kewenangan Kepala Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur desa di desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:IBNU ZACHRAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-31


 

ABSTRAK 

Ibnu Zachrawi, 1610413210009, 2023, Kewenangan Kepala Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur desa di desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Apriansyah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang kepala desa menjalankan kewenangan yang ia miliki untuk pelaksanan Pembangunan infrastruktur desa yang ada di desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan Kepala desa Gusunge, para aparatur pemerintahan desa Gusunge serta tokoh Masyarakat dan Masyarakat desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala desa Gusunge masih belum cukup baik dalam menjalankan kewenangan yang ia miliki untuk pelaksanaan Pembangunan infrastruktur desa di desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Terlihat dari masih adanya beberapa bangunan infrastruktur yang belum terealisasikan mulai dari awal kepala desa tersebut menjabat sampai diwaktu sekarang saat penelitian ini dilakukan. Salah satu infrastruktur yang belum terealisasikan tadi  adalah Tempat Penampungan Sementara(TPS) untuk limbah rumah tangga para penduduk desa yang mana infrastruktur teresebut memiliki peran vital untuk keberlangsungan kehidupan penduduk desa Gusungge.

Disarankan untuk kepala desa Gusunge ataupun Masyarakat desa lainnya yang nanti akan menjabat sebagai kepala desa Gusunge mampu memaksimalkan penggunaan kewenangan yang dimiliki dan dapat lebih bijak dan tegas lagi dalam menggunakan kewenangannya selaku kepala desa di desa Gusunge terutama dalam hal pelaksanaan Pembangunan infrastruktur desa di desa Gusunge 

Kata kunci : Kepala Desa, Kewenangan, Pelaksanaan Pembangunan infratsruktur

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI