DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penerimaat Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama
PENGARANG:ERSA MUTIA ARDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-31


Ersa, Mutia Ardana. 2024. Pengaruh Penerimaan Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama BK FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Muhammad Andri Setiawan, M. Pd. (II) Eklys Cheseda Makaria, M. Pd.

Kata Kunci: Penerimaan Teman sebaya, Mahasiswa, Penyesuaian Diri

Penerimaan Teman Sebaya adalah penilaian individu bahwa dirinya diterima, didengar, diperhatikan, dihargai, dan juga merasa aman dan nyaman saat bersama dengan teman teman umur yang sama,Penerimaan teman sebaya ini dapat terjadi terhadap penyesuaian diri di lingkungan baru. Tujuan dari penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerimaan teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama BK FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian Pengaruh. Data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan 2 angket yakni angket tentang penerimaan teman sebaya dan penyesuaian diri kepada 88 mahasiswa tahun pertama program studi bimbingan dan konseling FKIP ULM dengan menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Teknik Analisa data yakni menggunakan statistic deskriptif dan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya terdapat pengaruh antara penerimaan teman sebaya (X) terhadap penyesuaian diri (Y) pada mahasiswa tahun pertama BK FKIP Universitas Lambung Mangkurat sebesar 0,506 yang menunjukkan bahwa sebanyak 50,6% Penerimaan Teman Sebaya dapat mempengaruhi penyesuaian diri sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya, sebagai bahan masukkan untuk melakukan penelitian baru yang berhubungan dengan penerimaan teman sebaya dalam penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama seperti faktor keterbukaan diri, faktor kecemasan akademik, faktor kompetensi, faktor hambatan fisik dan psikologis, dan faktor keterbukaan terhadap saran dan kritikan orang lain.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI