DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS IV SDN PEMURUS LUAR 1 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SYAFIRA NURHANIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-02


Nurhanifa, Syafira (2024).  “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas IV SDN Pemurus Luar 1 Kota    Banjarmasin”.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Drs. Sunarno., M.Pd.

Kata kunci : Hasil Belajar, Penyajian Data, Problem Based Learning

 

    Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan materi penyajian data. Penyebabnya karena model pembelajaran kurang bervariasi, pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat satu arah dan belum adanya pembelajaran yang menarik siswa untuk memecahkan masalah sehingga memiliki dampak berdampak pada kegiatan belajar dikelas seperti siswa menjadi bosan, siswa menjadi sulit untuk memahami matei pembelajaran dan siswa pasif saat berlangsungnya pembelajaran dikelas. Upaya penyelesaian dari masalah tersebut dilakukan dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu Problem Baesd Learning. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data di kelas IV SDN Pemurus Luar 1 Kota Banjarmasin. 

     Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Pemurus Luar  1 pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Jenis penelitian ini dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan juga individu. Penelitian ini juga menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II dengan hasil belajar kognitif pada siklus I yang awalnya 75% mengalami peningkatan di siklus II menjadi 100%,  pada ranah afektif yang awalnya pada siklus I dari 56% mengalami peningkatan menjadi 100% dan pada ranah psikomotorik 100%.

         Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dan peneliti lain dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI