DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PANTING DAN PERMAINAN OPEN THE BOX PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN KERTAK HANYAR 1-1
PENGARANG:NIDAUL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-02


Hasanah, Nidaul (2024).  Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model PANTING dan Permainan Open The Box pada Muatan Matematika Kelas V di SDN Kertak Hanyar 1-1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd., Ph. D.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar, PANTING

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Penyebabnya karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru, model pembelajaran yang tidak bervariasi, dan siswa belum terbiasa belajar dalam kelompok sehingga berdampak pada siswa yang menjalani pembelajaran secara pasif, cepat merasa bosan pada saat pembelajaran, dan kurangnya kerja sama antar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PANTING dan Permainan Open The Box dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan IV pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VA SDN Kertak Hanyar 1-1 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa  laki-laki dan 9 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari skor 35 menjadi skor 47. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari persentase 30% menjadi 95% dan memperoleh kriteria sangat aktif. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari persentase 25% menjadi 100% dan memperoleh kriteria sangat termotivasi. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 40% menjadi 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PANTING dan Permainan Open The Box dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar siswa.  Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI