DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan Terhadap Pendapatan Perkapita dan Kemiskinan (Studi Pada 14 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah)
PENGARANG:HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-03


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), serta Ketimpangan Distribusi Pendapatan terhadap Pendapatan Perkapita dan Kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah dalam rentang waktu 10 tahun dari 2014 hingga 2023. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), dengan jenis data berupa data panel dan metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IPM dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap Pendapatan Perkapita. Namun TPAK tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara langsung terhadap Pendapatan Perkapita. Selain itu, IPM dan Pendapatan Perkapita juga terbukti memiliki pengaruh negatif signifikan langsung terhadap tingkat Kemiskinan. Sebaliknya TPAK dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kemiskinan. Namun Pendapatan Perkapita terbukti memainkan peran sebagai mediator dalam pengaruh tidak langsung antara IPM dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan terhadap tingkat Kemiskinan.

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia (IPM); Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK); Ketimpangan Distribusi Pendapatan; Kemiskinan; Pendapatan Perkapita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI