DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII SMPN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DWI DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-03


Abstrak

Model pembelajaran memiliki beberapa jenis salah satunya STAD (Student Teams Achievement Divisions). STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai lima orang untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita dengan dibantu media gambar. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) penting karena dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk berkontribusi kepada kelompok sehingga bisa menjadikan siswa lebih aktif dan dapat membangun kerja sama yang lebih baik dalam sebuah kelompok.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap kemampuan menulis teks berita melalui media gambar di kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin. Penelitian ini menilai hasil tulisan siswa membuat teks berita berdasarkan aspek struktur, unsur, ciri, dan kaidah kebahasaan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian kuasi eksperimen . sumber data, yaitu kelas kontrol (VIII-D) dan kelas eksperimen (VIII-E), data diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Kelas kontrol tanpa model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar terdapat 2 siswa berkategori tuntas dengan presentase 8% dan 24 siswa berkategori tidak tuntas dengan presentase 92%, sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar terdapat 26 siswa berkategori tuntas dengan presentase 100%. Setelah dilakukan uji independent sample t-test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,008 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar dengan nilai rata-rata posttest kelas yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata gainscore siswa pada kelas kontrol 11,56 dan pada kelas eksperimen 25,20.

Kata Kunci: model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions), media gambar, teks berita. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI