DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIYA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-03


Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai peserta didik di sekolah. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis cerpen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk menunjukkan efektivitas penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran menulis cerpen peserta didik di kelas XI SMAN 9 Banjarmasin. Dalam penelitian ini, ada beberapa aspek yang diperhatikan yakni struktur, unsur intrinsik, dan kebahasaan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data berupa hasil tes tertulis pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) menulis cerpen dengan sumber data dari peserta didik di kelas eksperimen dan peserta didik di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum mendapatkanp erlakuan berupa media aplikasi Instagram terdapat 3 (13%) peserta didik yang mendapatkan peringkat sangat baik, sedangkan setelah mendapatkan perlakuan berupa media aplikasi Instagram terdapat peningkatan sebanyak 13 (57%) peserta didik yang mendapatkan peringkat sangat baik. Setelah dilakukan uji paired test t test didapatkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti H0 diterima dan Ha tidak diterima. Dapat diartikaan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest dan posttest di kedua kelas. Kemudian hasil ujii ndependent sample t test didapatkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, yang berarti H0 tidak diterima dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest di kedua kelas. Setelah melakukan uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan Instagram sebagai mediap embelajaran menulis cerpen peserta didik kelas XI SMAN 9 Banjarmasinb erkategori kurang efektif dengan nilai N-Gain (%) 40.3.B agi guru, disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang beragam dan menarik agar mampu memantik rasa semangat peserta didik di kelas. Lalu, bagip eserta didik disarankan untuk lebih giat dalam belajar dan tetap belajar menulisc erpen. Kemudian bagi peneliti disarankan agar terus berkembang untuk memperluas pengetahuan dalam menulis karya ilmiah. Bagi peneliti selanjutnya yang ingink embali meneliti topik ini, disarankan untuk memperbaiki atau memodifikasi mediap embelajaran yang sudah diteliti ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI