DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PERSONAL SELLING MINUMAN YAKULT OLEH YAKULT LADY DI TKU CENTER II JALAN GATOT SUBROTO KOMPLEK PONDOK KARYA KELURAHAN KEBUN BUNGA BANJARMASIN
PENGARANG:ARDELIA RULLY SETYA LEVINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-23


ABSTRAK
Ardelia Rully Setya Levina, 2018. Strategi Personal Selling Minuman Yakult oleh Yakult Lady diTKU Center II Jalan Gatot Subroto Komplek Pondok Karya Kelurahan Kebun Bunga Banjarmasin. Skripsi program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, (II) Laila Azkia. 
Kata Kunci: Strategi, Personal Selling, Yakult Lady.
Strategi personal selling merupakan strategi yang digunakan oleh Yakult Lady untuk mendapatkan pelanggan tetap. Strategi personal selling memiliki beberapa langkah-langkah yang harus dilewati demi keberhasilan strategi tersebut, selain itu personal selling ini tidak lepas dari hubungan sosial.  Hubungan sosial berperan dalam berlangsungnya strategi personal selling untuk menjaga hubungan pelanggan, karena melalui hubungan sosial lah dapat terciptanya hubungan yang baik dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan: (1) menggambarkan strategi personal selling yang dilakukan oleh Yakult Lady untuk mendapatkan pelanggan  (2) menggambarkan peran hubungan sosial dalam strategi personal selling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik penentuan sumber data dengan teknik purposive sampling yaitu pengumpulan data dilakukan dengan memilih langsung lima informan yakni, Ibu Ina, Ibu Jum’ah, Ibu Norma, Ibu Nisa, dan Ibu Isgi selaku para Yakult Lady yang berjumlah lima orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.  Penelitian rumusan masalah pertama menunjukkan bahwa (1) langkahlangkah yang digunakan oleh yakult Lady meliputi a) memilih pelanggan yang berkualitas, dalam langkah pertama ini Yakult Lady memilih pelanggan yang mereka anggap layak dijadikan pelanggan tetap. b) pendekatan pelanggan, dalam langkah kedua ini Yakult Lady bersikap sopan, seperti mengucapkan salam, memberi brosur, dan meminta izin untuk mempresentasikan Yakult.  c) mempresentasikan produk minuman yakult kepada pelanggan, dalam langkah ketiga ini Yakult Lady menjelaskan manfaat dan kandungan dari minuman Yakult  d) mengakhiri presentasi produk, dalam langkah terakhir ini Yakult Lady menjelaskan sistem penjualan Yakult serta meminta ketersediaan pelanggan untuk berlangganan atau tidak. (2) Penelitian rumusan masalah kedua menunjukkan peran hubungan sosial dalam personal selling yaitu menjaga hubungan pelanggan meliputi a) adanya kepercayaan yang didalamnya terdapat kejujuran  b) menjalin silaturrahmi dengan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk para Yakult Lady hendaknya lebih memperluas jaringan sosial dan lebih mempererat hubungan dengan pelanggan agar pelanggan tersebut terikat dan selalu membutuhkan mereka, selain itu hendaknya para Yakult lady juga lebih fokus untuk mencari pelanggan baru atau dan tidak hanya terfokus kepada pelanggan lama saja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI