DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI “PALUI MOBILE” DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA DI KELURAHAN ALALAK UTARA KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RIZKI NADYA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-08


ABSTRAK

 

Rizki Nadya Fitri, D1A115021, 2019 “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi “Palui Mobile” Dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha Di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara” di bawah bimbingan Erma Ariyani.

 

Meningkatnya kebutuhan masyarakat membuat para pelayan publik harus lebih baik dalam memberikan pelayanan. Hal inilah yang kemudian memunculkan inovasi-inovasi pelayanan publik dengan maksud untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan publik  salah satunya Kota Banjarmasin yang membuat inovasi Aplikasi Palui Mobile untuk memudahkan masyarakatnya mengurus permohonan persuratan di kelurahan, namun masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan inovasi tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui alasan tidak digunakannya Inovasi Pelayanan Publik berbasis Aplikasi “PALUI MOBILE” dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara , 2) Untuk mengetahui faktor penghambat Inovasi Pelayanan Publik berbasis Aplikasi “PALUI MOBILE” dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara .

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, proses penelitian dilakukan dengan mengamati, mengumpulkan dan kemudian menganalisis data yang sifatnya deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Publik berbasis Aplikasi “PALUI MOBILE” dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara masih belum terlaksana dengan optimal, berdasarkan hasil wawancara yang dianalisis dengan berdasarkan Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (Kompatibel), Complexity (Kompleksitas), Triability (Trialabilitas), Observability (Dapat diamati). Faktor yang menghambat Inovasi Pelayanan Publik berbasis Aplikasi “PALUI MOBILE” dalam Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara yang ditemukan peneliti meliputi 2 faktor yakni (1) Faktor Teknologi/Teknis dan (2) Faktor Kurangnya sosialisasi Inovasi pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha berbasis Aplikasi “PALUI MOBILE” kepada masyarakat .

 

 

 

Kata Kunci : Inovasi , Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI