DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur
PENGARANG:LILIN SURAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-09


ABSTRAK

Lilin Suraya, D1A115219, 2019.“Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur”. Dibawah bimbingan Sugeng Karyadi.

            Kualitas pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur sangat menentukan berkualitas atau tidaknya suatu instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Penelitian dengan judul “Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur”, memiliki rumusan masalah bagaimana kualitas pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur dan apa saja faktor yang mempengaruhi pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data skunder kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam Afrizal (2017). Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori kualitas pelayanan oleh Zeithami-Parasuraman-Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2018) , terdapat 5 (lima) dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan : Tangibles (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsive (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akta kelahiran pada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur yang diukur dengan mengguanakan 5 dimensi kualitas pelayanan sudah cukup berkualitas, namun masih ada beberapa masalah yang belum terselesaikan, termasuk masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui syarat pembuatan akta kelahiran serta masih kurangnya rasa empati dan sikap ramah tamah dari para pegawai. Selain itu juga kurangnya informasi pelayanan yang di dapatkan oleh masyarakat, terbatasnya jumlah sumber daya manusia dimana hanya terdapat 6 pegawai dan mempunyai masing-masing tugas ini juga menghambat proses pelayanan akta kelahiran, disiplin waktu dan ketepatan waktu terkadang menghambat proses pelayanan seperti masih ada pegawai yang belum datang tepat waktu, hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Publik dan Akta Kelahiran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI