DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH OBJEK PAJAK TERDAFTAR, MUTASI DATA SPPT DAN PIUTANG TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:SUPIAN NOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-13


 

Supian Nor (2019), Analisis Pengaruh  Objek Pajak Terdaftar, Mutasi Data SPPT dan Piutang Terhadap Penerimaan  Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan di Kabupaten Barito Timur. Pembimbing 1 : Ahmad Yunani. Pembimbing 2 : Ika Chandriyanti.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh  objek pajak terdaftar, mutasi data sppt dan piutang terhadap penerimaan  pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan di Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (2) untuk mengetahui variabel dominan  mempengaruhi penerimaan PBB-P2. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Variabel dalam penelitian ini adalah Penerimaan Pajak (Y),  Objek Pajak Terdaftar (X1),  Mutasi Data SPPT (X2) dan Piutang (X3). Analisis menggunakan  data  panel dengan program Eviews 8. Melalui tahapan uji chow dan uji hausman menunjukkan bahwa model yang lebih tepat digunakan dalam penelitian ini adalah model fixed effect.

Hasil uji korelasi bahwa variabel independen mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap variabel dependen. Melalui uji determinasi variabel independen dapat menjelaskan sebesar 98% terhadap variabel dependen. Hasil uji F diketahui bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh  terhadap variabel dependen. Hasil uji t menunjukkan bahwa objek pajak Terdaftar (X1) dan Mutasi Data SPPT (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PBB-P2. Piutang (X3) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PBB-P2. Variabel independen yang dominan mempengaruhi variabel dependen adalah variabel Piutang (X3).

Kata kunci :     Objek Pajak Terdaftar, Mutasi Data SPPT, Piutang dan  Model Fixed Effect.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI