DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi pada Followers House of Smith Banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD NAJDI ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-18


ABSTRAK

 

Muhammad Najdi Ananda, D1C113259, 2019, Efektivitas Instagram sebagai media promosi (studi pada followers House of Smith Banjarmasin), penelitian ini dibimbing oleh Pembimbing I Muhammad Alif dan Pembimbing II Atika Rusli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif instagram sebagai media promosi melalui pengukuran dari model hierarchy of effect yang dikemukakan oleh Blech & Blech dengan memperlihatkan tahapan-tahapan konsumen dalam menggambil keputusan pembelian yaitu efek kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif evaluatif. Populasi penelitian ini adalah pengikut instagram @houseofsmith_bjm. Sampel yang diambil sebanyak 342 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian ini dapat diketahui dari nilai interval perhitungan nilai rata-rata yang dapat dikatakan cukup efektif dengan skor interval 2,51 sampai dengan 3,25 dengan perolehan (mean) sebesar 3,13. Pada hitungan per indikator Awareness mendapat (mean) sebesar 3,15, indikator Knowledge mendapatkan (mean) sebesar 3,12, pada indikator Liking mendapatkan (mean) sebesar 3,14, pada indikator Preference mendapatkan (mean) sebesar 3,10, pada indikator Conviction mendapatkan (mean) sebesar 3,11 dan pada indikator Purchase mendapatkan (mean) sebesar 3,17. Maka dapat disimpulkan bahwa media sosial instagram cukup efektif sebagai media promosi yang digunakan oleh house of smith Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Efektivitas, media promosi, Instagram, model hierarki efek .

ABSTRACT

 

Muhammad najdi ananda, D1C113259, 2019, The Effectiveness of Instagram as a Media Promotion (Study of House of Smith Banjarmasin’s Followers), this research was guided by mr. Muhammad Alif as a first counselor and mrs. Atika Rusli as a second counselor.

The purpose of this research is to found out how effective the Instagram as a media of promotion through the measurement of Hierarchy of Effect  model that formed by Blech & Blech that show the consumer steps in taking any Purchasing decision is the effect of cognitive. affective and conative. This research is use a quantitative approach with the type of evaluative descriptive research. Population from this research is followers of @houseofsmtih_bjm, the sampler of this research is 342 people, sampling technique using the random sampling method, data collecting technique uses questionaries and interview. The data analysis technique used is the statistics description.

the result of this study is based from the interval value of average calculating of effective is 2,51 to 3,25 of interval score by the acquirement of the average value as much as 3,13 variable. It received 3,15 as an average score for Awareness Indicator, 3,12 for Knowledge indicator, 3,14 for Liking indicator, 3,10 for preference indicator, 3,11 for Conviction indicator and 3,17 for Purchasing indicator. Based on the result of the research, Instagram as a social media which used by House of Smith Banjarmasin is quite effective for media of promotion.

 

 

 

Keywords: effectiveness, promotion media, Instagram, model hierarchy of effect.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI