DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Kategori Kepuasan Pasien di Depo IGD RSD Idaman Banjarbaru | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD ARIFANDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-07-20 |
Mutu pelayanan kefarmasian adalah pelayanan kefarmasian yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan kepuasan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata masyarakat. Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit merupakan jenis-jenis pelayanan rumah sakit yang wajib dilaksanakan dengan standar kinerja yang ditetapkan. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Depo IGD RSD Idaman Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif secara cross-sectional.Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner kepuasan pasien. Hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan pasien terhadap indikator pelayanan, kesopanan, keramahan dan penampilan petugas kefarmasian, serta ketersediaan obat dikategorikan baik dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara berurutan yaitu 83, 78, dan 78,5. Indikator sarana dan prasarana kefarmasian dikategorikan kurang baik dengan nilai IKM sebesar 67,25. Hasil keseluruhan dari pelayanan diperoleh tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasiandi Depo IGD RSD Idaman Banjarbaru memperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 76,75 yang berarti kinerja unit pelayanan kefarmasian berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori baik
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI