DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Pelayanan Luntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) dalam Penerbitan/Perubahan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin
PENGARANG:MARLIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

Marliyana, D1A115013. 2019. “Inovasi Pelayanan Luntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) dalam Penerbitan/ Perubahan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin” di bawah bimbingan Avela Dewi.

Pelayanan publik merupakan suatu kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah pada khususnya dan penyelenggara pelayanan publik lainnya guna untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasar melalui pelayanan yang diperlukan masyarakat yang dilaksanakan dan diatur melalui undang-undang serta peraturan pemerintah lainnya. Meningkatnya kebutuhan masyarakat membuat para pelayan publik harus lebih baik dalam memberikan pelayanan. Hal inilah yang kemudian memunculkan inovasi-inovasi pelayanan publik dengan maksud untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan publik. Inovasi (innovation) merupakan gagasan baru yang diterapkan untuk memprakasai atau memperbaiki suatu produk, proses, atau layanan. Karena itu, setiap inovasi melibatkan perubahan tetapi tidak semua perubahan mesti melibatkan gagasan baru atau mengarah keperbaikan yang signifikan. Salah satunya Inovasi Pelayanan Luntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) dalam Penerbitan/ Perubahan Kartu Keluarga yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dengan tujuan percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inovasi Pelayanan Luntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) dalam penerbitan/ perubahan Kartu Keluarga yang diberlakukan sejak 3 April 2017 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dan peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat pelayanan Luntang-Lantung dalam Penerbitan/ Perubahan Kartu Keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, proses penelitian dilakukan dengan mengamati, mengumpulkan dan kemudian menganalisis data yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk memperoleh informasi adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Inovasi PelayananLuntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) dalam Penerbitan/ Perubahan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik dan optimal, berdasarkan hasil wawancara yang dianalisis dengan berdasarkan 5 indikator : Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Dapat diuji coba), dan Observability (Dapat diamati). Faktor yang menghambat penerbitan/ perubahan Kartu Keluarga dalam Pelayanan Luntang-Lantung (Ulun Datang Langsung Tuntung) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin adalah informasi pelayanan yangmana masyarakat masih ada kurang mengetahui persyaratan pelayanan dan  berkas permohonan yang tidak lengkap.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Kartu Keluarga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI