DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PESAN KREATIF IKLAN DALAM MEDIA BELLOW THE LINE (Analisis Isi Kualitatif Pada Iklan Event Pariwisata Di Kabupaten Tanah Laut)
PENGARANG:Aditio Wicaksono
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-02


ABSTRAK

Aditio Wicaksono, D1C114240, 2019, Pesan Kreatif Dalam Iklan Media Bellow The Line (Analisis Isi Kualitatif Pada Iklan Event Pariwisata Di Kabupaten Tanah Laut)”,dibawahBimbingan Lalita Hanief dan Sarwani.

            Penelitian ini menjelaskan bagaimana mengetahui suatu Pesan Kreatif iklan Media Bellow The line. Tujuan penelitian ini adalah guna untuk mengetahui suatu Pesan Kreatif Iklan Dalam Media Bellow The Line pada iklan Event Pariwisata di Kabupaten Tanah Laut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis isi Kualitatif dengan tipe Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan studi literatur. Teknik analisa isi kualitatif  dengan menggunakan model Matthew B.Miles dan A. Michael Huberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Dalam  penelitian ini yang menjadi informan adalah Ketua Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut yaitu Ir.Akhmad Hairin. MP dan Kepalabidang Pemasaran Wisata yaitu Cecep dan Zulpuaddin, S.Sos.  

Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menganalisis iklan media bellow the line dengan menggunakan Konsep ROI (Relevance,Originality, dan Impact) . Yang dimana pada 4 iklan Festival diKabupaten Tanah Laut yaitu iklan “Festival bahari”, “Festival layang-layang hias 2018”, “Pemilihan NANANG GALUH 2018”, dan “National Borneo Orchid Show”. Masing-masing iklan memiliki kriteria konsep ROI. Namun terdapat satu iklan yang mempunyai foto iklan yang tidak Originality, yaitu pada iklan “Festival Bahari” foto yang diambil tidak baru atau segar. Sehingga iklan ini tidak dikatakan sebagai iklan yang kreatif.

Kata Kunci : Pesan Kreatif, Media Bellow The Line (BTL), Analisis Isi Kualitatif, Konsep ROI

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Aditio Wicaksono, D1C114240, 2019, “Creative Messages In Media Ads Bellow The Line (Qualitative Content Analysis On Advertising The Event Tourism In The district Tanah Laut)”, under the guidance of Lalita Hanief and Sarwani.

This Study explained how learning abaout a creative messages in the media AD Bellow The Line. The purpose this study was to find out a creative message advertaising in the Media Bellow The Line on the tourism AD in the district Tanah Laut.

This study uses a qualitative analysis approach  with a descriptive type. The data collection techniques use documentation, interviews, and literature studies. The methods of  qualitative data analysis techniques using models Matthew B.Miles and A.Michael Huberman which that data reduction, data model and deduction. In this study, informer is a chairman of tourism service district Tanah laut that is Ir.Akhmad Hairin.MP and Head of marketing travel is Cecep and Zulpuaddin, S.Sos.

The results of this study showed by analyzing media advertising bellow the line by using the concept of ROI (Relevance, Originality, and Impact). That is where the Advertising Festival on 4 in Regency Tanah Laut that is advertising "Festival Bahari", "Festival layang-layang hias 2018", "Pemilihan NANANG GALUH 2018", and "National Borneo Orchid Show" each ad has the concept of ROI criteria. Each ad has a criteria of the concept of ROI. But there is one ad that has photos of ads not Originality in advertising "Maritime Festival" photos taken are not new or fresh. So this ad is not said as a creative advertising.

Keywords: Creative Messages, Bellows The Line Media (BTL), qualitative Content Analisis, ROI concept

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI