DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin )
PENGARANG:RATU DELIMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-06


ABSTRAK

Ratu Delima, D1A115235, 2019, Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin ) di Bawah Bimbingan Ibu Widyakanti S.Sos, M.AP.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin ) dan faktor-faktor yang Penghambat Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin ).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat Deskriptif. Informan Penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan PKB/BBN-KB, petugas Pelayanan Pajak Online, dan Masyarakat yang sudah mengurus Pelayanan Pajak Online.

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin ) masih belum optimal  ini dapat dilihat dari faktor penghambat dari Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Kasus Pelayanan Pajak Online Pada Kantor Samsat II Banjarmasin ) adalah : (1) faktor teknologi atau teknis mengalami gangguan pada jaringan dan mengalami pada server utama aplikasi tersebut sehingga dapat menghambat proses inovasi. (2) faktor kurangnya sosialisasi yang dilakukan  oleh Samsat II Banjarmasin kepada Masyarakat.

            Saran dari penelitian  ini yakni : (1) segera mengoptimalkan pelayanan pajak online, jika ada gangguan terjadi pada jaringan itu sendiri dari pihak Samsat II Banjarmasin segera memiliki cadangan jaringan, (2) lebih gancar dalam melakukan proses sosialisasi terutama terkait Pelayanan Pajak Online.

 

Kata kunci : inovasi Pelayanan, Pajak online

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI