DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NORHALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


ABSTRAK

Norhalimah, NIM D1A115229, 2019, Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, dibawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan dan Hj Aulia

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya masalah terkait efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, seperti  tidak adanya kepastian waktu penyelesaian dan waktu pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak, masih ditemukannya sejumlah kesalahan dalam pembuatan Kartu Identitas Anak sehingga membutuhkan waktu lagi untuk memperbaikinya. Hal-hal saperti inilah yang sering kali menjadi kendala yang ditemukan dalam proses pembuatan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Sondang P. Siagian yakni waktu, kecermatan dan gaya pemberian pelayanan dengan tahapan-tahapan pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak yang masih berada pada tataran kurang efektif karena terdapat aspek yang perlu untuk diperbaiki. Faktor pendukung yaitu faktor kesadaran, faktor aturan dan faktor sarana pelayanan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang responsif, kurang informative, kurang sumber daya manusia dan ketersediaan blanko yang sedikit.

 

Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan, Ukuran Efektivitas, Kartu Identitas Anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI