DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN PELAKSANAAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN DENGAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SITI SOLEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-03


ABSTRAK

Siti Soleha, D1A115244, 2019 “Perbandingan Pelaksanaan Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar ”, di bawah bimbingan Tomi Oktavianor.

       Electronic Government yaitu penggunaan teknologi informasi oleh badan-badan pemerintahan yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan hubungan dengan warga negara, pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintahan yang lain.Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yakni wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dari penelitian ini tim admin pengelola pengaduan di HUMAS Pemerintah Kota Banjarmasin dan Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.

Hasil penelitian dari Pelaksanaan LAPOR! Pada pemerintah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar masing-masing daerah sudah memenuhi elemen-elemen sukses pelaksanaan electronic government yaitu Support, Capacity dan Value. Namun Pemerintah Kota Banjarmasin lebih maksimal dalam pelaksanaannya karena Pemerintah Kota Banjarmasin diperkuat di bagian support yaitu dengan sosialisasi yang dilakukan lebih gencar dalam mensosialisasikan LAPOR! kepada masyarakat, sehingga masyarakat banyak mengetahui dan ikut menjadi pendukung dalam keberhasilan pelaksanaan LAPOR!, sedangkan Kabupaten Banjar masih belum maksimal dalam kegiatan sosialisasi karena belum ada sosialisasi langsung yang dilakukan dengan masyarakat. Selain itu, dibagain Capacity bagian finansial Banjarmasin juga telah menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) sehingga setiap kegiatan yang dilakukan bisa  berjalan dengan lancar, karena ada perencanaan yang jelas dan terperinci. Selain itu dengan beberapa yang menjadi indikator kesuksesannya seperti komitmen dari pimpinan, keaktifan dalam mensosialisasikan aplikasi LAPOR!, tindak lanjut pengaduan, serta koordinasi dan kerjasama yang baik dengan tim pengelola.

Penelitian ini merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar agar menjadikan best practis apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin sehingga lebih optimal dalam pelaksanaan aplikasi LAPOR!

 

 

Kata Kunci:  E-Government, Elemen Sukses, Aplikasi LAPOR!

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI