DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:DENISA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyrakat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 355 orang dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi awal. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan analisis regresi, korelasi sederhana dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menunjukkan bahwa responden yang menerima pelayanan di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sudah merasa puas sebanyak 51,3%. (2) Kepuasan masyarakat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menunjukkan bahwa responden di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sudah merasa puas sebanyak 65,4%. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Baanjarmasin, dengan R = 0,31 ; p < 0,01 dan R2 = 0,096. Indikator kualitas pelayanan yang memiliki hubungan yang paling kuat terhadap kepuasan masyarakat terdapat pada indikator Reliability (X2) yaitu ry = 0,27 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,06 ; < p 0,01.

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan Masyarakat    


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI