DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM C) DI KANTOR SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESORT HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:ANNA MARYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisa kualitas
pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort
Hulu sungai Utara dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas
pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort
Hulu sungai Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe
penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah masyarakat pemohon
pembuatan SIM C, Kasat Lantas dan petugas yang menangani pelayanan
pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai
Utara. Data yang digunakan adalah data primer langsung dari informan dan data
sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil
dikumpulkan selanjutnya di deskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif yang memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan pembuatan
SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu sungai Utara dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Secara keseluruhan kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Kantor
Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara dinilai sudah cukup baik,
hal ini dapat dilihat dari pelayanan pendaftaran yang melakukan pelayanan
dengan baik hanya saja untuk tempat parkir masih kurang memadai. Pembayaran
di Loket BRI sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hanya
saja untuk entry data dan foto SIM pelayanannya agak lambat dan ruang tunggu
pelayanan kurang nyaman dikarenakan pendingin atau AC ruangan rusak.
Pelaksanaan Ujian teori dan ujian praktek SIM pelayanannya sudah baik, hanya
saja lapangan untuk pelaksanaan praktek agak bergelombang. Pelayanan
penerbitan SIM sudah baik. Faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan
pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai
Utara adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, ketidakpastian waktu
pelayanan, sistem jaringan eror dan pemadaman listrik.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan
Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara, penulis menyarankan kepada
Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara untuk
meningkatkan lagi bagian sarana dan prasarana terutama untuk pendingin
ruangan, tempat parkir, dan lapangan untuk ujian praktek. Meningkatkan lagi
kehandalan petugas dalam melayani dengan cepat. Menambah sumber daya
manusia (petugas) dan perlunya memperbaiki atau membeli ginset, agar saat
terjadi pemadaman listrik tidak menjadi kendala saat melakukan proses pelayanan
pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM C).
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SIM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI