DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM MENGGALI INFORMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DIKOMBINASI DENGAN MODEL PAIR CHEK DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 4 SDN 4 CEMPAKA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD FITRIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Kata Kunci: Aktivitas Belajar,Cooperative Integrated Reading And Composition,Pair Chek,, Hasil Belajar, Talking Stick.Permasalahanpenelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, kurangnya perhatian siswa dan kurangnya interaksi antar siswa, karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, keterlibatan siswa belum menyeluruh hanya didominasi oleh siswa yang pandai, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu upayameningkatkanaktifitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Cooperative Integrated Reading And Composition, Dikombinasi Dengan Model Pair Chek Dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4semester genap SDN 4Cempaka Banjarbarutahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 20. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswadata kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan IIImencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 45%, pertemuan II mencapai 65%, pertemuan III mencapai 90%, dan pertemuan IV mencapai 100%.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaranCooperative Integrated Reading And Composition, Dikombinasi Dengan Model Pair Chek Dan Talking Stick dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menggali informasiTema Kayanya Negeriku.Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalammeningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI