DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP DENGAN BARRIER HOP TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PEMAIN BOLA VOLI SMKN 3 BANJARBARU
PENGARANG:YUDA IRWANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


YUDA IRWANSYAH. NIM. A2D1 15009. Perbandingan Pengaruh Latihan Squat Jump Dengan Barrier Hop Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pemain Bola Voli SMK Negeri 3 Banjarbaru Tahun 2017”. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Pembimbing Utama: Dr. AR. Shadiqin, M.Kes. Pembimbing Pendamping: Dr. Herita Warni, M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan squat jump dengan barrier hop terhadap peningkatan power otot tungkai pemain bola voli SMK Negeri 3 Banjarbaru tahun 2017. Metode penelitian menggunakan metodeeksperimen dengan desain pre-eksperimen melalui beberapa tahap langkah penelitian yakni tes awal (pretest), perlakuan (treatment) dan tes akhir (posttest).

Populasi penelitian menggunakan pemain bola voli SMK Negeri 3 Banjarbaru berjumlah 12 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 12 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, karena sampel yang digunakan seluruh dari populasi. Selanjutnya, dari 12 sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni: 1) kelompok squat jump, dan 2) kelompok barrier hop yang Masing-masing kelompok berjumlah 6 orang dan ditentukan dengan rumus ordinal peired.

Berasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh latihan squat jump dengan barrier hop terhadap peningkatan power otot tungkai pemain bola voli SMK Negeri 3 Banjarbaru Tahun 2017. Dari kedua jenis latihan tersebut (squat jump dan barrier hop) ternyata barrier hop memiliki signifikansi yang lebih besar dalam meningkatkan power otot tungkai.

 

 

Kata Kunci:   Perbandingan, Squat Jump, Barrier Hop, Power Otot Tungkai, Bola Voli, SMK Negeri 3 Banjarbaru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI