DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPONSIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) DI KELURAHAN ALALAK UTARA KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:KANAHKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK Kanahka, D1A115217, 2019 “Responsivitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”. dibawah bimbingan Afrida Royati, sebagai pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Responsivitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Permasalahan umum yang terjadi dalam Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Alalak Utara yaitu Standar Opersional Prosedur (SOP) yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan Wali Kota Banjarmasin dan juga yang sudah tertera 10 menit di Kelurahan Alalak Utara. selain itu juga permsalahan lainnya yaitu Faktor administrasi yang kurang memadai Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data primer dalam penelitian ini sebagai informannya adalah pegawai yang memberikan pelayanan dan masyarakat Kelurahan Alalak Utara. Data sekunder dalam penelitian ini dari bahan-bahan, baik berupa buku-buku, artikel, karya ilmiah dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi Responsiveness (Ketanggapan) yang terdiri dari 4 indikator yang mana 2 indikator Responsiveness dikatakan memuaskan sedangkan 2 indikator Responsiveness dikatakan cukup memuaskan. 2 indikator yang memuaskan tersebut adalah: (1) Merespon setiap pelanggan/pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan. (2) Semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas. Sedangkan 2 indikator responsivitas pelayanan yang cukup memuaskan adalah (1) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat dan tepat, dan (2) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Utara cukup responsivitas. Disarankan kepada Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang kenyamanan dalam pelayanan pembuatan SKTM. Kata Kunci: Responsivitas, Pelayanan Publik, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI