DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kontribusi Penggunaan Media sosial dan Game Online Terhadap Phubbing Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:JESSICA ESTER BAWIMBANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-15


ABSTRAK

Jessica Ester B. 2019.Kontribusi Antara Penggunaaan Media Sosial dan Game Online Terhadap Phubbing Pada Mahasiswa  Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Faisal Rachman, M.Pd.

Kata Kunci : Media Sosial, Game Online, Phubbing

          Kemajuan teknologi membawa pengaruh ganda yang bersifat positif dan negatif. Dampak positifnya munculnya internet kemudian media sosial dan Game Online. Penggunaan media sosial dan game online yang mudah dan sudah menjadi sebuah kebutuhan memberi dampak negatif yang menimbulkan fanomena phubbing (phone and snubbing).Phubbing (phone and snubbing) adalah tindakan mengabaikan orang lain dengan menggunakan atau memainkan smartphone.

                      Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanjenis penelitian kontribusi. Penelitian ini dilaksanakan di program studi BK ULM Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dengan menggunakan teknik purposive random sampling yang berjumlah 100 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket media sosial, angket game online, dan angket phubbing.

          Berdasarkan pengujian instrument yang dilakukan yaitu uji validitas dan realibilitas. Angket terdiri dari 41 item pernyataan media sosial, 49 item pernyataan game online, dan 30 item pernyataan phubbing. Sedangkan uji realibilitas menunjukan instrument yang digunakan reliable.

          Berdasarkan hasil uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji heteroskedasitas dan uji multikolinearitas, dihasilkan bahwa data peneliti normal, tidak terjadi heteroskedasitas dan tidak terdapat multikolinearitas. Berdasarkan hasil pengujian, bahwa adanya kontribusi variabel X1 dan Y, kemudian variabel X2 dan Y, yang terutama adanya kontribusi variabel X1, X2 terhadap Y secara bersama-sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI