DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) OLEH UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:LINTANG MAULIDURRAHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-19


ABSTRAK

 

            Lintang Maulidurrahmad, D1B115418, 2019, Kualitas Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Program Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Utara. Dibawah bimbingan Ellisa Vikalista dan Sandra Bhakti M.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pelaksanaan program Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Unit Pelaksana Teknis DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin diKecamatan Banjarmasin Utara.

            Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data berupa pedoman wawancara untuk data primer dan arsip serta dokumen untuk data sekunder. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga macam aktivitas dalam analisis data kualitatif, yakni : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dalam pelaksanaan program Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Unit Pelaksana Teknis DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin diKecamatan Banjarmasin Utara secara keseluruhan sudah cukup baik dengan diterapkan dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy beserta indikatornya. Faktor pendukung pelaksanaan pelayanan publik di UPT Kecamatan Banjarmasin Utara adalah penampilan petugas yang sudah cukup rapi dan sesuai dengan aturan, adanya fasilitas alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan, proses pelayanan yang relatif mudah, kedisiplinan petugas yang cukup baik, petugas UPT yang cermat dalam bekerja, sikap petugas yang ramah tamah dalam melayani, serta kesopanan petugas dalam proses pelayanan. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik di UPT Kecamatan Banjarmasin Utara adalah fasilitas sarana dan prasarana yang belum lengkap serta proses pengadaan barang yang memakan waktu sehingga menghambat penerbitan KIA.

            Saran yang diberikan oleh Peneliti: 1) Kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, kantor di UPT Banjarmasin Utara sebaiknya dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang; 2) Perlu memasang spanduk atau banner alur proses pembuatan KIA demi memberikan informasi proses pelayanan kepada pengguna layanan; 3) Kepada pemerintah pusat agar lebih tanggap dalam mengatasi permasalahan pengadaan barang seperti blangko untuk KIA dan pengadaan tinta, agar tidak menghambat penerbitan KIA seperti sebelumnya; 4) Kepada Staf untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan.

 

KataKunci : Kualitas Pelayanan, Publik, Kartu Identitas Anak, Banjarmasin Utara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI