DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), THINK PAIR AND SHARE (TPS), DAN NUMBERED TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN PEKAUMAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:FITMINAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Abstract: The start of learning of Bahasa Indonesia content in SDN Pekauman 3 Banjarmasin find out activity of teacher, activity of students, and the improvement student learning result reading skills in the paragraph main idea after applying  combination of model TPS, NHT and CIRC grade fifth SDN Pekauman 3 Banjarmasin. This research was carried out following the Class Action Research procedure. Data collection was carried out using tests and observations of class v students at Pekauman 3 Banjarmasin.The result data analysis the activity of teacher at the first meeting good and continue to increase very good, activity of students is classical in all aspect of the increase that is at the first meeting 58,24% and continues to increase until the last meeting 100% with average value of 85. The result of the study using a combination of TPS, NHT and CIRC learning models reading skill in the paragraph main idea grade fifth SDN Pekauman 3 Banjarmasin increased and acceptable hypotheses. The researah is suggested for teachers to be used problem solving strategy on reading skill and various in the learning for shool head as advice  to be use innovation in developing school program and to other and for the next researcher can then be used as literacy and reference.

Abstrak: Keadaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pekauman 3 Banjarmasin adalah untuk mengetahui  aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan ide pokok pada pargraf menggunakan kombinasi model  TPS, NHT dan CIRC siswa kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi terhadap peserta didik kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Jumlah analisis data untuk aktivitas guru pertemuan pertama baik dan meningkat menjadi amat baik, kegiatan peserta didik  pada kelompok di pertemuan pertama 58,24% dan meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 85%. Hasil penelitian menggunakaan kombinasi model pembelajaran TPS, NHT dan CIRC  hasil belajar keterampilan membaca dalam menentukan ide pokok pada paragraf kelas v SDN Pekauman 3 Banjarmasin dan hipotesis dapat di terima. Penelitian ini disarankan dapat dijadikan strategi pemecahan masalah pada keterampilan membaca variasi model pembelajaran, untuk kepala sekolah dapat dijadikan inovasi dalam pengembangan program sekolah dan untuk peneliti lain dapa dijadikan bahan literacy dan referensi.

 Kata Kunci: Hasil Belajar, Ide Pokok Paragraf , Kombinasi Model  , TPS, NHT dan CIRC.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI