DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) INTAN BANJAR DENGAN PENDEKATAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
PENGARANG:DWINUR JANREZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


PDAM Intan Banjar sebagai perusahaan daerah yang bergerak di bidang penyediaan air bersih di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Hingga saat ini PDAM Intan Banjar masih melayani dua wilayah tersebut sesuai dengan isi peraturan daerah yang menjadi acuan. Pelayanan PDAM Intan Banjar sebagai perusahaan penyedia air bersih haruslah sebaik mungkin, sehingga pelanggan yang mempercayakan ketersediaan air bersihnya dapat memanfaatkan air secara maksimal untuk kebutuhannya sehari-hari. Selain itu, pelayanan perusahaan penyediaan air bersih melalui kinerja karyawan yang baik secara langsung akan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat, sehingga juga sangat mungkin meningkatkan jumlah pelanggannya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan sekaligus tingkat kepuasan karyawan agar dapat diketahui kinerja PDAM Intan Banjar dalam pemenuhan penyediaan air bersih yang selanjutnya dikemukakan rekomendasi dalam usaha meningkatkan pelayanan PDAM Intan Banjar sebagai salah satu penyedia air bersih di wilayah pelayanannya.

 

Rekomendasi perbaikan pelayanan diperoleh melalui analisis Importance Performance Analysis yang mana diplot nilai kepentingan dan nilai persepsi ke dalam diagram kartesius yang terbagi menjadi 4 kuadran prioritas.

 

Diperoleh tingkat kepuasan pelanggan PDAM Intan Banjar ada pada tingkat Puas yaitu sebesar 69,15 %. Tingkat kepuasan kerja karyawan PDAM Intan Banjar ada pada tingkat Puas. Rekomendasi perbaikan aspek pelayanan PDAM Intan Banjar berdasarkan Importance Performance Analysis adalah indikator-indikator pelayanan yang dianggap prioritas tinggi untuk diperbaiki yaitu harga/tarif air bersih, kecepatan melakukan tindakan dari pihak PDAM terhadap keluhan yang disampaikan pelanggan, sikap dan tanggapan para petugas PDAM kepada pelanggan yang menyampaikan saran-saran, kecakapan para petugas PDAM dalam melaksanakan tugas pelayanan dan jaminan keamanan juga kehigienisan fasilitas instalasi pengolahan air bersih yang akan didistribusikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI