DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK BAHASA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA/DONGENG YANG PERNAH DIDENGAR MENGGUNAKAN VARIASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU FANTASHA BANJARBARU
PENGARANG:RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


 

Rahmah, 2019 “Meningkatkan Kemampuan Aspek Bahasa Dalam Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Pernah Didengar Menggunakan Variasi Model Picture and Picture dengan Metode  Tanya  Jawab dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Paud Terpadu Fantasha Banjarbaru”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin, Pembimbing Drs. Mahlan Asmar,M.Pd.

KataKunci        : Bahasa, Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Pernah didengar, Picture and Picture, Tanya Jawab, Pemberian Tugas Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuananak dalam

menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar masih rendah, guru dalam melaksanakan pembelajaran terlalu monoton, anak cenderung pasif dalam pembelajaran bahasa, sehingga berdampak pada  hasil kemampuan bahasa anak. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi guru dalam proses pembelajaran disekolah, pendekatan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil  kemampuan  anak. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil kemampuan anak melalui  variasi  model picture and picture, metode tanya jawab dan pemberian tugas.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini mulai perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta penugasan. Adapun setting penelitian adalah anak kelompok A Paud Terpadu Fantasha Banjarbaru yang berjumlah 12 orang anak. Penelitian ini dilakukan dengan 4 kalipertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi model Picture and Picturedengan                                       metode Tanya Jawab dan Pemberian Tugas dapat meningkatkan aktivitas guru dari memperoleh skor 22 dengankriteria “cukup aktif” meningkat menjadi memperoleh skor 35 dengan kriteria “sangat baik” pada pertemuan ke 4. Aktivitas anak dari memperoleh nilai 58% dengan kriteria “cukup aktif”, meningkat menjadi 89% dengan kriteria “sangat  aktif”,  pada  pertemuan  4.Padahasil         perkembangan bahasa anak dari 33% yang berhasil berkembang meningkat meningkat menjadi 92%  yang berhasil berkembang pada pertemuan4.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perkembangan anak menggunakan variasi model picture and picture dengan metode tanya jawab dan pemberian tugas sudah terlaksana dengan baik, sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas dari hasil perkembangan anak. Disarankan pada guru untuk menggunakan model ini dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI