DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN DESA BARU 2 KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SRI WARNI R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar IPS pada materi Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia di SDN Desa Baru 2. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum bisa menerapkan konsep-konsep dalam kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata, siswa tidak termotivasi untuk belajar sehingga siswa menjadi cepat bosan, materi yang diberikan mudah terlupakan tidak akan menciptakan generasi penerus yang berprestasi kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah disaat proses pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, Student Facilitator And Explaining dan Course Review Horay.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas V SDN Desa Baru 2. Dengan jumlah siswa 22 orang, 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada mata pelajaaran IPS materi Jenis- jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Jenis data yang digunakan kaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisa data dihitung berdasarkan skala presentasidan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping, Student Facilitator and Explaining dan Course Review Horay dapat diketahui aktivitas guru siklus 1 mendapat skor 64,30 dengan kriteria baik, siklus 2 mendapat skor 75,00 dengan kriteria baik, siklus 3 guru mendapat skor 85,71 dengan kriteria sangat baik dan siklus 4 guru mendapat skor 96,24 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 mendapat skor 63,54 dengan kriteria aktif, siklus 2 mendapat skor 66,82 dengan kriteria aktif, siklus 3 mendapat skor 78,72  dengan kriteria aktif dan siklus 4 mendapat skor 88,37 dengan kritera sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 55,55% dengan kriteria sebagian tuntas, siklus 2 mencapai 60,00% dengan kriteria sebagian tuntas, siklus 3 mencapai 73,68% dengan kriteria sebagian tuntas dan siklus 4 mencapai 100% dengan kriteria seluruhnya tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran IPS dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Mind Mapping, Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI