DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN KOMBINSI MODEL GROUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN TUNGKARAN
PENGARANG:DESY LAILIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Lailiati, Desy. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Operasi Penjumlahan Pecahan menggunakan Kombinasi Model GI (Group Investigation) dan model Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SDN TungkaranSkripsi Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. Sunarno, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar. Operasi Penjumlahan Pecahan. Variasi Group Investigation dan Snowball Throwing.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Matematika pada materi operasi penjumlahan pecahan. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang dikembangkannya pola berpikir dan keterampilan siswa dalam pemahaman materi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing .

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan dengan setting penelitian yaitu siswa kelas V SDN Tungkaran. Dengan jumlah siswa 24 orang, 7 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan kaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisa data dihitung berdasarkan skala presentasidan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing dapat diketahui aktivitas guru siklus 1 pertemuan 1 mendapat skor 29 dengan kriteria baik siklus 1 pertemuan 2 mendapat skor 32 dengan kriteria baik siklus 2 pertemuan 1 guru mendapat skor 35 dengan kriteria sangat baik dan siklus 2 pertemuan 2 guru mendapat skor 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 pertemuan 1 mencapai 47,83 dengan kriteria cukup aktif, siklus 1 pertemuan 2 mencapai 56,52 dengan kriteria cukup aktif, siklus 2 pertemuan 1 mencapai 90,91 dengan kriteria sangat aktif dan siklus 2 pertemuan 2 mencapai 100 dengan sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus 1 pertemuan 1 mencapai 60,87%, siklus 1 pertemuan 2 mencapai 73,91%,  siklus 2 pertemuan 1 mencapai 77,27% dan siklus 2 pertemuan 2 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwingdapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat. Disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran Matematika dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI