DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS SEPATU NIKE AIR JORDAN 1 PADA FILM SPIDER-MAN: INTO THE SPIDER-VERSE (Studi pada Masyarakat Usia 15 Tahun Keatas di Banjarmasin)
PENGARANG:HERI LAZUARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-11


ABSTRAK

 

Heri Lazuardi, D1C115015, 2019, Pengaruh Product Placement Terhadap Brand Awareness Sepatu Nike Air Jordan 1 Pada Film Spider-Man: Into The Spider-Verse (Studi Pada Masyarakat Usia 15 Tahun Keatas Di Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Lalita Hanief, dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Penelitian ini dilakukan ialah dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak menyadari bahkan tidak mengetahui adanya promosi produk dalam sebuah film, mereka hanya menganggap bahwa produk yang digunakan didalam sebuah film hanyalah sebagai bagian dari properti pendukung dalam sebuah film. Produsen perusahaan menggunakan fenomena yang ada saat ini sebagai strategi komunikasi pemasaran produk mereka, dan salah satu fenomena yang terjadi saat ini adalah film bergenre aksi superhero. Seperti pada sepatu Nike Air Jordan 1 dala film Spider-Man: Into The Spider-Verse (2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product placement terhadap brand awareness sepatu Nike Air Jordan 1 pada film Spider-Man: Into The Spider-Verse.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah masyarakat Kota Banjarmasin yang berusia 15 tahun keatas sebanyak 507.443 orang. Sampel yang diambil sebanyak 348 orang. Teknik analisis data menggunakan analisa regresi linier sederhana dan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product placement sepatu Nike Air Jordan 1 pada film Spider-Man: Into The Spider-Verse berpengaruh terhadap brand awareness.   Hasil perhitungan koefisien determinasi atau R Square menunjukkan bahwa product placement sepatu Nike Air Jordan 1 pada film Spider-Man: Into The Spider-Verse dapat mempengaruhi brand awareness sebesar 45,2%  yang berada pada kategori skor rendah.

Kata kunci : Product Placement, Brand Awareness, Sepatu Nike Air Jordan 1, Film

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Heri Lazuardi. D1C115015. 2019. The Effect of Product Placement on Brand Awarenessof Nike Air Jordan 1 on the Spider-Man Movie: The Spider-Verse (Study at the Community of 15 Years and Over in Banjarmasin City).Supervised by Lalita Hanief, and Achmad Bayu Chandrabuwono.

This research was conducted because there is a lot of people are not aware of the promotions of product in a film. They are think the product used is just a property. The Company use this phenomenon as marketing strategy for their product, and one of this phenomenon that happenning now is superhero genre film, like Nike Air Jordan 1 shoes product in Spider-man : Into Spider-Verse (2018) Movie. This research is aimed to know how much the effect of product replacement to brand awareness about Nike Air Jordan 1 shoes in Spider-Man : Into Spider-verse Movie.

This research uses quantitative appoach. Population of Banjarmasin City is 506.443 peoples and 348 respondents are taken as the sample. And the researcher also uses simple regretion linear analysis & Descriptive analysis for analyzing the data.

The results of this research show us that product replacement Nike Air Jordan 1 shoes in Spiderman : Into The Spider-Verse Movie had effect to brand awareness. The results of coefision determination calculation or R Swuare show us that product replacement Nike Air Jordan 1 in Spider-Man : Into The Spider-Verse can give effect to brand awareness at 45,2% that got in low score category.

Key words : Product Placement, Brand Awareness, Nike Air Jordan 1 shoes, Film

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI