DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITSAS PRODUK, IKLAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MINUMAN YAKULT DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MIRA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-12


Mira Maulida, D1A215016, 2019, Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Minuman Yakult Di Kota Banjarmasin. Di bimbing oleh Siti Rusidah.

Minuman kesehatan jenis yoghurt memiliki peran yang sangat penting di kehidupan masyarakat, secara ilmiah dikenal sebagai minuman probiotik karena minuman tersebut mengandung mikroba yang menguntungkan bagi kesehatan. Disisi lain persoalan baik kualitas maupun kuantitasnya selalu menjadi permasalahan yang menjadikan masyarakat lebih selektif memilih minuman kesehatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh secara parsial dan simultan Kualitas Produk (X1), Iklan (X2), dan Citra Merek (X3) terhadap  Loyalitas Konsumen (Y) Minuman Yakult di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 75 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik  pengambilan data dengan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 25,0.

Hasil penelitian berdasarkan uji secara parsial (uji t) terlihat bahwa Iklan (X1) terhadap Loyalitas Konsumen (Y), dengan nilai sig. (0,026 < 0,05) dan besarnya pengaruh adalah 20.6% dengan tingkat hubungan rendah. Citra Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y), dengan nilai sig. (0,000 < 0,05) dan besarnya pengaruh adalah 53.0% dengan tingkat hubungan sedang. Kualitas Produk (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y), dengan nilai sig. (0,359 > 0,05) dan besarnya pengaruh adalah 11.8% dengan tingkat hubungan sangat rendah. Hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan adanya pengaruh Iklan (X1), Citra Merek (X2), dan Kualitas Produk (X3) terhadap Loyalitas Konsumen (Y), dengan nilai sig (0,000 < 0,05) dan besarnya pengaruh adalah 47,3% dengan tingkat hubungan sedang.

            Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Iklan (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen (Y) maka H1 diterima. Citra Merek (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen (Y) maka H2 diterima. Kualitas Produk (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) maka H3 ditolak. Iklan (X1), Citra Merek (X2), dan Kualitas Produk (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) maka H4 diterima.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Iklan, Citra Merek, Loyalitas Konsumen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI