DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK PADA PENGGUNA GO-RIDE DI BANJARMASIN
PENGARANG:KARTIKA NOOR HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-16


Kartika Noor Hidayati, PengaruhKualitas Layanan, Kemudahan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa transportasi Online GO-JEK pada pengguna GO-RIDE di Banjarmasin. Dibawah bimbingan Hj. Siti Rusidah.

 

Transportasi memiliki peran yang sangat penting di kehidupan masyarakat, salah satunya adalah angkutan darat. Untuk memenuhi kesejahteraan hidup, kebutuhan tersebut tidak bisa hanya terletak di satu lokasi. Disisi lain persoalan kemacetan selalu menjadi permasalahan yang menjadikan masyarakat lebih selektif memilih alat tansportasi yang mampu menempuh tujuan dengan waktu yang lebih cepat harga terjangkau, kualitas pelayanan yang baik dan aman.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan (X1), Kemudahan (X2), Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Jasa transportasi Online GO-JEK pada pengguna GO-RIDE di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden yang merupakan pengguna GO-RIDE dalam 3 bulan terakhir yang diambil menggunakan teknik sampling incidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda.

 

Hasil pengujian membuktikan tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial Kualitas Layanan (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai sig sebesar 0.433 < 0.05 dan besar pengaruh 0,094 atau 9.4% dengan tingkat hubungan sangat rendah, terdapat pengaruh signifikan secara parsial Kemudahan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai sig sebesar 0.006 < 0.05 dan besar pengaruh 0,348 atau 34.8% dengan tingkat hubungan rendah, terdapat pengaruh signifikan secara parsial Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai sig sebesar 0.002 < 0.05 dan besar pengaruh 0,343 atau 34.3% dengan tingkat hubungan rendah. Terdapat pengaruh signifikan secara simultan Kualitas Layanan (X1), Kemudahan (X2), dan Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai sig sebesar sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh 0,433 atau 43.3% dengan tingkat hubungan sedang.

 

            Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa Kualitas Layanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), maka H1 ditolak. Kemudahan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), maka H2 diterima. Harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), maka H3 diterima. Kualitas Layanan (X1) , Kemudahan (X2) , dan Harga (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, maka H4 diterima.

 

 

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kemudahan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI