DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMASARAN TOKO EXTREME CALLULAR 1 DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN DI JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN KELURAHAN PASAR LAMA KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Baiti Hasanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-17


Baiti Hasanah, 2019.Strategi Pemasaran Toko Extreme Callular 1 Dalam Menarik Minat Pelanggan di Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat (II) Yuli Apriati.

 

Kata Kunci: Strategi pemasaran, minat pelanggan, faktor pendorong strategi pemasaran

 

Strategi pemasaran merupakan proses penentuan rencana pemasaran suatu toko yang memfokuskan pada tujuan jangka panjang dengan disertai penyusunanupaya pencapaian tujuan usaha. Salah satunya adalah strategi pemasaran yang dilakukan pada toko Extreme Callular 1 yang memiliki beberapa strategi pemasaran dalam menarik minat para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk: (I) Mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pada toko Extreme Callular 1(II) Mengetahui faktor pendorong dalam pemilihan strategi pemasaran.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Banjarmasin. Sumber  data dipilih  secara  Purposive sampling. Ada beberapa informan  yaitu Bapak Umar (pimpinan toko) dan  6 orang yang bekerja pada toko Extreme Callular 1. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (I) Strategi pemasaran yang dilakukan adalah a) produk yang dijual bermacam-macam, b) harga produk yang murah, c) berbagai macam promosi yang dibuat, d) lokasi toko yang strategis, e) kualitas produk yang terjamin, dan f) pelayanan yang baik. (II) Faktor pendorong dalam pemilihan strategi pemasaran adalah a) strategi produk yang meliputi permintaan para pelanggan, agar para pelanggan hanya membeli di toko Extreme Callular, dan selalu memperbarui toko dengan produk yang terbaru, b) strategi harga yang meliputi agar sering dikunjungi pelanggan dan dapat bersaing dengan toko lainnya, c) strategi promosi meliputi untuk menarik minat pelanggan dan menghabiskan stok yang masih banyak atau kurang diminati, d) strategi lokasi yang meliputi agar pelanggan lebih mudah mendatangi toko, e) strategi kualitas produk yang meliputi agar mendapat kepercayaan pelanggan dan pelanggan merasa terjamin dengan memberikan garansi, dan f) strategi pelayanan yang meliputi agar pelanggan merasa puas dan keinginan untuk mempertahankan pelanggan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada pemerintah supaya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk merancang kebijakan yang berkaitan dengan strategi-strategi yang digunakan para pengusaha dibidang pemasaran dan kepadamasyarakat luas supaya dapat memberikan pemahaman tentang strategi-strategi di bidang pemasaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI