DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PENJUAL TOKO ONLINE YANG MENOLAK REFUND DAN RETURN
PENGARANG:Muhammad Rizal Arisyi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  penjual toko online yang menolak refund dan return melanggar hak konsumen dan juga untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha terhadap penjualan yang dilakukan secara online dalam memenuhi refund dan return.

 Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: Pertama Pengaturan hukum yang diberikan terhadap konsumen dalam berbelanja secara online melalui media sosial masih dirasa kurang memadai karena masih belum ada yang jelas tentang aturan yang mengatur secara khusus mengenai berbelanja secara online. Transaksi jual beli online selama ini hanya melihat pada Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen atau Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Kedua, Berdasarkan pasal 1451 KUHPerdata dan pasal 19 UUPK terdapat konsekuensi hukum terhadap pelaku usaha yang mengakibatkan kerugian terhadap konsumen dapat diminta pertanggungjawaban dan pelaku usaha wajib memberikan ganti rugi terhadap konsumen yang merasa dirugikan serta kompensasi lain dalam memenuhi refund dan return.

Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Toko Online, Refund dan Return.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI