DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Pada Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:HARDIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-28


ABSTRAK

Hardiansyah, NIM D1A115039, Kualitas Pelayanan pada Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PPID) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dibawah bimbingan Erma Ariyani, sebagai Dosen Pembimbing.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan pada Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PPID) Universitas Lambung Mangkurat. Adapun Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori menurut Tjiptono (1997) dalam buku Hardiyansyah (2018) dengan menggunakan Dimensi (1) Bukti Fisik, (2) Daya Tanggap, (3) Jaminan, (4) Empati, (5) Keandalan.

 

Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian Deskriftif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai untuk memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data Primer penelitian ini yang sebagai Informannya adalah pegawai yang memberikan pelayanan dan mahasiswa yang menggunakan ke enam layanan Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu Universitas Lambung Mangkurat. Data skunder dari penelitian ini adalah dari Buku-buku, Karya ilmiah maupun Jurnal ilmiah.

 

Hasil penelitian ini adalah (1) Bukti Fisik, yang mana dapat dilihat dari perlengkapan dan penampilan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa khususnya dari segi kerapian dalam berpakaian sudah baik, namun dari segi perlengkapan masih kurang memadai contohnya kursi antrian, (2) Daya Tanggap, dilihat dari pelayanan pegawainya sudah cukup baik, namun masih ada sedikit kendala seperti kurangnya pegawai (3) Jaminan, pelayanan sudah sangat baik dari cara berkomunkasi yang baik dan sopan kepada pengguna layanan (4) Empati, pelayanan sudah cukup baik dilihat dari sarana komunikasi yang baik yang diberikan oleh pegawai selain itu pegawainya juga perhatian kepada pengguna layanan, (5) Kehandalan, pelayanan sudah cukup baik lihat dari kecermatan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan yang jarang sekali membuat kesalahan-kesalahan data.

 

Hasil penelitian ini disarankan mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada terutama perlu adanya penambahan jumlah pegawai, perluasan ruangan pelayanan, dan memperbanyak ruang antar, agar menciptakan pelayanan yang lebih baik lagi.

 

Kata kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PPID) ULM

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI